Cara Melatih Anak Membaca

cara melatih anak membacaTahapan perkembangan kemampuan membaca, menulis, dan berhitung (calistung) bukanlah keterampilan yang dapat begitu saja dikuasai anak. Terdapat keterampilan-keterampilan pendahuluan yang harus dimiliki anak untuk akhirnya bisa membaca, menulis, dan berhitung.sebagai orang tua tentunya di perlukan kesabaran yang ekstra untuk bisa mengajar anak membaca.nah berikut artikel untuk anda para ibu cara melatih anak anda agar bisa membaca:

Biasakan diri dulu suka membaca agar anak mencontoh.

Untuk meningkatkan minat baca anak, Anda harus memberikan contoh yang baik dengan membaca koran atau majalah pada waktu-waktu biasa, seperti setelah makan malam atau sebelum tidur.

Ajarkan anak membaca buku dengan menyuarakan tokoh didalam buku. 

Membaca puisi, dialog, dan narasi dapat menghidupkan kata-kata pada setiap halaman buku. Tunjukkan kepada anak bagaimana menggunakan nada suara yang harus digunakan untuk bertindak sebagai karakter dalam buku.

Sabar

Mungkin anak bosan dengan posisinya. Perhatikan, apakah dia bergerak untuk memeragakan adegan-adegan dalam cerita yang bisa menandakan ia antusias. Bila dia benar-benar bosan, ditandai dengan diam saja, hentikan cerita dan lakukan kegiatan lain.

Hindari memaksa anak duduk diam sampai cerita berakhir.

Sesekali anak ingin bergerak, biarkan saja. Sementara anak bergerak, Anda berhenti bercerita. Setelah anak kembali tenang, lanjutkan cerita. Bisa juga, biarkan anak mendengarkan Anda sambil bermain boneka sebagai bagian dari kegiatan membaca.

Tingkatkan level bacaan anak

Untuk membantu anak-anak membaca secara teratur dan pada berbagai usia, Anda mungkin harus mengenalkan berbagai jenis buku pada anak. Tingkatkan level bacaan anak perlahan-lahan dari yang sifatnya ringan hingga ke sedang seiring perkembangan usia anak.

Sebarkan Artikel Ini

Leave a Reply

© 2014 InfoWanita.net. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
IBN Network - Users