Cara Mengatasi Keputihan Di Rumah Dengan Mudah - Seputar Informasi Wanita Indonesia

Sabtu, 27 April 2019

Cara Mengatasi Keputihan Di Rumah Dengan Mudah

Cara Mengatasi Keputihan Di Rumah Dengan Mudah

Cara Mengatasi Keputihan Di Rumah Dengan Mudah

Ada beberapa cara mengatasi keputihan yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah, di antaranya:

  • Cuci area genital Anda secara lembut dengan air hangat. Kemudian keringkan menggunakan tisu atau handuk yang lembut dan tepuk-tepuk pelan hingga kering. Ingat, jangan menggosok atau mengusap vagina terlalu keras karena bisa menimbulkan iritasi. 
  • Jika keputihan sangat banyak, Anda mungkin perlu mengganti celana dalam lebih sering. Ini dilakukan agar kelembapan vagina bisa terjaga dengan baik. 
  • Hindari pemakaian sabun wangi, gel, antiseptik, serta douching karena bisa memengaruhi keseimbangan pH serta bakteri di dalam vagina. Jika Anda ingin menggunakan sabun, pilihlah sabun yang polos tanpa pewangi. 
  • Jika keputihan yang Anda alami disebabkan oleh infeksi jamur, maka Anda bisa mengatasinya dengan obat antijamur yang dimasukkan ke dalam vagina dalam bentuk krim atau gel. Konsultasikan terlebih dulu sebelum Anda menggunakan obat antijamur untuk mengatasi keputihan. 
  • Gunakan kondom atau tunda hubungan seksual hingga seminggu setelah pengobatan. 
  • Konsumsi yogurt bila Anda sedang dalam pengobatan antibiotik agar menurunkan risiko terkena infeksi jamur. 
  • Bila keputihan yang tidak normal berlangsung lebih dari seminggu setelah melakukan cara-cara yang sudah di atas, segera periksakan diri Anda ke dokter.

Cara ampuh mencegah keputihan abnormal
Anda sudah tahu, kan, bagaimana cara mengatasi keputihan dengan perawatan dokter atau perawatan di rumah? Kini, cegah dan hindari terjadinya keputihan yang tidak normal, berikut beberapa langkah pencegahan yang dapat Anda dilakukan:
  1. Cuci tangan sebelum maupun sesudah menyentuh kemaluan Anda.
  2.  Setelah buang air kecil, selalu bersihkan kemaluan Anda dari depan ke belakang untuk mencegah bakteri masuk ke dalam vagina dan menyebabkan infeksi. 
  3. Pastikan vagina dilumasi dengan baik sebelum Anda melakukan hubungan seksual untuk mencegah infeksi. 
  4. Gunakan deterjen tanpa pewangi untuk mencuci pakaian Anda. Selain itu, pastikan Anda membilas pakain sampai benar-benar bersih. 
  5. Gunakan celana dalam berbahan katun dan hindari pakaian yang berbahan ketat.   
  6. Hindari penggunaan tisu dengan pewangi, sabun wangi, atau bedak pada vagina karena bisa mengiritasi kulit dan menganggu keseimbangan bakteri alami dalam vagina.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Seputar Informasi Wanita Indonesia | All Right Reserved